Minggu, 18 Agustus 2013

Punya Banyak Saudara Kandung Mengurangi Resiko Perceraian

Perceraian

Beruntunglah bagi Anda yang mempunyai banyak saudara kandung, karena bisa memperkecil risiko untuk bercerai dalam pernikahan. Apa hubungannya antara jumlah saudara kandung dan kelanggengan rumah tangga?
Para peneliti dari Ohio State University menemukan, semakin banyak saudara kandung --hingga tujuh orang-- yang dimiliki, risiko perceraian lebih kecil sebanyak dua persen dibandingkan anak tunggal atau hanya mempunyai 2-3 kakak/adik.

"Persepsi kami jika Anda punya banyak kakak atau adik, akan membuat Anda lebih berpengalaman dalam menghadapi hubungan personal yang bisa membantu kehidupan pernikahan Anda," jelas Donna Bobbit-Zeher, salah satu penulis penelitian tersebut, seperti dikutip dari NY Daily News.

Di samping itu, Donna kembali menjelaskan, memiliki banyak saudara juga melatih Anda untuk berinteraksi dan saling bertoleransi dengan orang lain. "Kami juga menemukan dinamika kehidupan keluarga meningkat seiring bertambahnya anggota keluarga," tutur Donna.
Peneliti telah menganalisa data dari General Social Survey, yang terdiri atas informasi yang dikumpulkan dari 57.000 orang antara tahun 1972 hingga 2012. Meskipun tidak membuktikan korelasi sebab-akibat langsung antara jumlah saudara kandung dan kelanggengan pernikahan, Doug Downey yang terlibat dalam penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang punya banyak kakak atau adik, kemampuan negosiasinya berkembang. Hal ini tentu dapat menguntungkan baginya dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pernikahan.

"Anda harus memahami sudut pandang orang lain, mempelajari bagaimana berkomunikasi saat mengatasi masalah. Semakin banyak saudara yang Anda punya, semakin banyak kesempatan untuk melatih kemampuan (berkompromi)," kata Doug dalam pernyataan tertulis.

Namun bagi Anda yang anak semata wayang atau hanya punya satu saudara, tidak perlu khawatir. Hasil penelitian tersebut hanya memperlihatkan kecenderungan, bukan penyebab pasti.
"Memang ada korelasi antara jumlah saudara kandung dan risiko perceraian, tapi bukan sesuatu yang lantas bisa menghancurkan pernikahan jika Anda tidak punya saudara perempuan atau laki-laki," tukas Doug.

http://wolipop.detik.com/read/2013/08/15/115537/2330459/854/punya-banyak-saudara-kandung-risiko-perceraian-bisa-berkurang?880004835